dulAndroid.com====== SPACE IKLAN ======

Pengguna Android Pemula Harus Tahu Fitur Ini Agar Ponselnya Aman Dan Maksimal

Pengguna Android Pemula Harus Tahu Fitur Ini Agar Ponselnya Aman Dan Maksimal – Harus diakui pengguna ponsel saat ini di dominasi oleh ponsel Android, namun dari sekian banyak pengguna ponsel Android terutama pengguna Android pemula harus tahu fitur yang ada supaya ponselmu bisa semakin maksimal dan aman penggunaannya.

Ada tujuh hal pengguna ponsel Android terutama pengguna Android pemula harus ketahui berdasarkan beberapa sumber yang kemudian Dul olah kembali sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Berikut informasinya:

Fitur keamanan
Setelah ponsel Android sobat Dulers setting dengan akun Gmail (isi email mungkin sesuatu yang selalu penting) dan ponsel sudah bisa di gunakan sebaiknya langsung mensetting fitur pengunci seperti PIN atau password pola pada layar, akan lebih baik lagi mengaktifkan fitur Fingerprint (sensor sidik jari) jika fitur ini tersedia. Dengan demikian orang lain yang akan membuka ponsel sobat Dulers akan berfikir ulang untuk menyusuri ‘jeroan’ ponsel sobat Dulers.

Meski fitur pengunci ini kadang cukup merepotkan ketika sobat Dulers ingin menggunakannya dengan cepat tapi cara ini cukup aman dan ponsel tetap terkunci ketika tanpa sengaja kita menekan sebual tombol.

Mengubah Thema
Mungkin beberapa pengguna ponsel Android menginginkan tampilan menu layar ponselnya berbeda dengan temannya, sekarang ini ada banyak sekali pengubah atau pengganti thema ponsel dari yang gratis hingga berbayar. Namun thema yang berbayar tentunya memiiki beberapa fitur yang bisa di kustomisasi lebih maksimal, seperti misalkan membuat shortcut file di halaman Home ponsel, pengaturan jumlah ubin, kecepatan loading dan masih banyak fitur lain yang di tawarkan. Sobat Dulers sebaiknya pandai-pandailah memilih aplikasi thema atau launcher ini, kalau sampai salah bisa-bisa ponsel sobat Dulers justeru semakin lambat atau tampilan ponsel malah semakin tidak menarik karena di selingi iklan yang mengganggu layar ponsel.

Instal Aplikasi
Ya, senangnya memiliki ponsel dengan operasi sistem Android karena banyak aplikasi pihak ke tiga yang tersedia. Mulai dari aplikasi yang serius hingga untuk kesenangan. Download lah aplikasi tersebut melalui situs resminya, yang paling umum dan aman bisa sobat Dulers download di https://play.google.com/store, tersedia ribuan aplikasi mulai dari Aplikasi, Movie dan Books, dari yang gratis hingga berbayar. Di sini lakukanlah dengan bijak, setelah Log In dengan akun Gmail sobat Dulers kemudian download lah aplikasi seperlu dan yang terpentingnya saja karena semakin banyak aplikasi yang sobat Dulers download maka kerja ponsel akan semakin berat dan lambat.

Pengaturan Privacy
Yup, dengan menginstal aplikasi pihak ketiga di atas tentu mereka terkadang mensyaratkan tertentu seperti meminta data kita seperti file foto, lagu, file dan yang paling rawan adalah file penting kita tanpa sobat Dulers ketahui di bajak mereka. Jadi sebelum semua itu terjadi maka dengan memeriksa izin aplikasi Android dengan masuk ke menu Pengaturan, atau di saat klik Instal maka akan muncul pop windows, di situ akan ada keterangan “This app has access to:…” baca keterangan tersebut baik-baik apa saja syarat yang mereka minta setelah sudah sobat Dulers instal aplikasi tersebut. Jadi meski tertulis aplikasi ini gratis ternyata tidak benar-benar gratis melainkan kita menukar data pribadi kita dengan aplikasi mereka. Jika meragukan sebaiknya jangan lanjutkan dan tutup saja aplikasi tersebut (Cancel).

Device Manager
Bingung memanagemen ponsel atau ingin menghapus aplikasi yang tidak penting? Masuklah ke bagian ini, sobat Dulers juga bisa mencari aplikasi yang hilang, mengatur volume dengan keras meski dalam kondisi volume ‘diam’ atau rendah. Masuklah (Settings ) Pengaturan > Google > (Security) Keamanan.

Pengaturan Notifikasi
Mungkin pengguna pemula ponsel Android sering bingung atau di kagetkan dengan suara ponselnya yang tiba-tiba berdering sendiri, ya ini adalah salah satu fitur yang di sebut dengan notifikasi, sebuah pesan masuk yang biasanya di tandai dengan suara atau kedipan lampu. Untuk menonaktifkan suara sobat Dulers bisa masuk ke menu Pengaturan > Sound & notification, sobat Dulers bisa pilih Do not disturb > Automatic Rules, sobat Dulers bisa atur kapan Notifikasi ini aktif secara otomatis atau di nonaktifkan selamanya. Namun ada cara lain yang bisa sobat Dulers lakukan yakni masuk ke Settings > Applications > Pilih aplikasi yang ingin di nonaktifkan > pilih Notifications > pada Allow Notification klik agar bergeser ke kiri yang artinya notifikasi aplikasi ini tidak akan aktif di layar home ponsel sobat Dulers.

Backup
Sebagai ponsel cerdas, Android memang semakin mirip dengan sebuah laptop yang bisa untuk bekerja dan menyimpan data. Namun satu hal yang harus di ingat adalah pentingnya membuat salinan atau bacup data. Google yang kini telah menyediakan penyimpanan gratis dan berbayar lewat Cloud nya sobat Dulers bisa dengan mudah menyimpan data dokumen, foto dan file lainnya tanpa harus di pusingkan kehabisan memori ponsel, bahkan ketika ponsel sobat Dulers hilang data di Cloud masih tetap aman. Cloud data, Google Drive, Download, Email semua bisa terhubung menjadi satu kesatuan yang memudahkan kita memanajemen file dan kerja sobat Dulers, simple kan?

Melacak Ponsel
Sobat Dulers mungkin lupa menaruh ponsel atau yang lebih miris hilang di curi orang. Tenang sebelum semua itu terjadi sobat Dulers bisa melakukan tindakan pencegahan atau lebih tepatnya melakukan mengaktifkan sinyal ponsel kapanpun agar mudah diketahui keberadaannya. Caranya sobat Dulers download dulu Android Device Manager, versi terbaru akan lebih baik fiturnya. Setelah instal selesai kemudian Log in dengan akun Gmail sobat Dulers setelah itu secara otomatis ponsel sobat Dulers akan dengan mudah di ketemukan area keberadaannya. Langkah selanjutnya sobat Dulers bisa mengunci dari jarak jauh atau sekedar membunyikan ponsel untuk menarik perhatian atau memudahkan keberadaan si ponsel kalau-kalau hanya tertindih bantal kasur atau di laci lemari kamar.

Demikianlah artikel Pengguna Android Pemula Harus Tahu Fitur Ini Agar Ponselnya Aman Dan Maksimal yang bisa Dul share di sini, apabila bermanfaat silahkan share ke teman dan keluarga tercinta. Jangan lupa untuk berkomentar supaya Dul bersemangat dan mendapat ide-ide baru untuk membuat artikel yang lebih menarik. Terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *