Handphone atau ponsel yang beredar di pasaran seperti kita ketahui banyak ragam dan jenisnya, bagi siapa saja yang terbilang awam pasti dibuat bingung dengan pilihan-pilihan yang tersedia. Dari urusan model, urusan kamera, fitur-fitur, merek dan lain sebagainya, kalau salah pilih bisa membuat kita kecewa, jadi kita musti cerdas supaya nggak salah pilih. Berikut tips cerdas membeli handphone Android agar tak kecewa.

Ada kabar bagus nih, Dul kemarin berkesempatan mendapatkan informasi langsung dari penjual langganan di sebuah toko ponsel yang orangnya terbilang ramah, hehe. Saat ini tren orang membeli handphone terbagi menjadi dua, kategori pertama adalah mereka yang ingin di bilang selalu update atau pamer, dan yang ke dua mereka benar-benar membutuhkannya mungkin karena handphonenya rusak, membutuhkan fitur untuk mendukung kerjanya dan lain sebagainya. “Membeli handphone Android katanya harus pintar-pintar memilih supaya nggak kecewa, jangan sampai ke makan iklan” katanya. “Beli handphone Andorid kemurahan suka nyesel, kemahalan juga jadinya nyesek” lanjutnya. Lalu gimana sih tipsnya supaya membeli handphone Android atau ponsel Android agar tak kecewa, berikut tips-tipsnya dari si dia.

 

PROSESOR

Tips cerdas membeli handphone Android agar tak kecewa pertama,

Buat Dulers yang benar-benar kritis dan cerdas ketika membeli ponsel Andorid wajib memperhatikan kualitas dan jenis prosesornya. Prosesor High End sekelas Qualcomm Snapdragon 835 misalnya merupakan prosesor terbilang paling tangguh saat ini. Prosesor menjadi sangat penting ketika Dulers membutuhkan kecepatan multitasking dalam sebuah layar ponsel, penggemar game, ber eksperimen dengan Virual Reality, Streaming semua membutuhkan prosesor agar membantu aktifitas Dulers saat ber interaksi. Prosesor ini tidak hanya berhasil menjalankan aplikasi dan permainan dengan lancar namun efeknya meningkatkan kinerja dan mengurangi konsumsi baterai.

 

BATERAI

 

Tips cerdas membeli handphone Android agar tak kecewa ke dua,

Menurut rahasia umum kapasitas baterai besar adalah lebih baik daripada kapasitas baterai yang kecil, hal ini ada benarnya karena otomatis daya tampung atau energi listri yang tertampung di baterai lebih banyak. Tapi menurut ahli yang paling baik adalah kritis terhadap durabilitasnya, daya tahannya, kapasitas besar akan semakin sempurna kalau durabilitasnya juga mumpuni. Kita tahu beberapa kasus ponsel meledak karena kapasitas baterai yang besar, meski itu nggak selalu benar. Untuk itu lebih baik perhatikan dalam petunjuknya berapa hari baterai mampu bertahan saat kondisi full hingga low power. Saran ahli adalah kuncinya perhatikan, apakah untuk sekali pengisian/ charge baterai mampu untuk bertahan minimal satu hari 24 jam atau tidak, kalau tidak lebih baik beralih ke ponsel yang lain.

 

DISPLAY

Tips cerdas membeli handphone Android agar tak kecewa ke tiga,

Ponsel mahal biasanya berbnding lurus dengan kualitas layarnya, biasanya masing-masing merek memiliki ciri khas masing-masing karakter warna dan kecerahannya. Untuk awalnya lebih baik bandingkan terlebih dulu, pehatikan ke dua ponsel pilihan mana yang lebih nyaman di pandang berlama-lama, meskipun ada fitur untuk mnegubah secara manual tapi tampilan default bisa mewakili kualitas display ponsel tersebut. Kerapatan akurasi warna dan teks dalam hitungan PPI wajib menjadi perhatian khusus bagi Dulers dalam hal ini, PPI 400 atau lebih menjadi yang terbaik untuk saat ini. Semakin tinggi nilai PPI, semakin baik tampilan dan nyaman saat gelap atau di bawah cahaya matahari. Trend ke depan display 4K menjadi unggulan, kalau Dulers bisa mendapatkan dengan harga lebih murah termasuk beruntung.

 

BEZEL

Tips cerdas membeli handphone Android agar tak kecewa ke empat,
Trend ke depan Bezel atau batas layar dengan pinggiran bodi ponsel akan semakin menipis bahkan sangat tipis. Bezel yang tipis menambah cantik tampilan sebuah ponsel, tapi nilai minusnya adalah layar jadi sedikit rentan karena tidak terlindungi dengan penuh terhadap benturan. Bagaimanapun juga pilihan kembali ke Dulers, memilih ponsel ber Bezel tipis terlihat keren tapi ringkih atau bezel standar tanpa rasa khawatir akan resiko layar mudah rusak karena rentan benturan. Kalau menurut Dul sih tetap beli yang ber Bezel tipis tapi harus pandai merawatnya, hehe.

 

RAM dan PENYIMPANAN

Tips cerdas membeli handphone Android agar tak kecewa ke lima,

Seperti halnya sebuah komputer PC atau MAC, semakin rakus aplikasi dan sistem tersimpan di ponsel maka otomatis rakus juga akan daya baterai, RAM dan penyimpanannya. Sebagai info, untuk saat ini syarat ponsel memiliki sebuah RAM minimal adalah 2GB-3GB, tapi RAM 6GB-8GB tidak bagus juga kecuali Dulers benar-benar membutuhkan itu seperti untuk bekerja, musltitasking dan lainnya layaknya beekrja dengan sebuah komputer. Sebagai pembeli yang cerdas, Dulers yang nggak ingin memiliki RAM besar (karena RAM besar otomatis harga ponsel juga lebih mahal) maka Dulers bisa pertimbangkan sitem penyimpanan pihak ke tiga yakni sistem CLoud, Google Photos, Google Drive atau layanan streaming musik online bisa menjadi alternative untuk menyimpan data-data Dulers. Tapi jika Dulers benar-benar membutuhkan penyimpanan versi ‘offline’ pintar-pintarlah menentukan berapa besar RAM yang di butuhkan.

 

KETERSEDIAAN MODIFIKASI DAN KUSTOM UI

Tips cerdas membeli handphone Android agar tak kecewa ke enam,

Sebagi ponsel cerdas, Android memiliki sistem yang terbuka bagi pengembang yang ingin menyumbangkan keahliannya agar sistem Android jadi lebih baik. Ini menguntungkan pengguna, karena pengguna jadi mudah memodifikasi tampilan seperti icon, themes, rooting dan lain sebagainya menjadi lebih menyenangkan dan nggak lagi membosankan. Tanyakan kepada penjual atau cek di halaman internet apakah ponsel yang Dulers akan pinang mendukung fitur ini.

 

KAMERA

Tips cerdas membeli handphone Android agar tak kecewa ke tujuh,

Salah satu segmen yang sedang di bentuk oleh produsen ponsel adalah soal kamera, yup kamera dengan Megapixels yang tinggi menjadi jualan yang terbilang cukup sukses, dan produsen pun berusaha membentuk segmen pengguna ponsel yang bukan cuma sekedar ber telepon, tapi juga fokus dengan menggunakan kamera. Dulers yang benar-benar membutuhkan kamera berkualitas maka selain memnentukan seberapa besar pixel yang ingin di pilih lebih baik fokus juga pada seberapa besar kecanggihan sensor dan aperture, semakin lebar nilai aperture foto akan tampah lebih cerah, semakin kecil nilai aperture hasil foto cenderung lebih baik mendekati normal. Logika sederhananya adalah kebalikan dari ukuran pixel yang semakin besar semakin baik. Sebagi contoh misalkan ponsel A memiliki aperture f / 1.7 dan ponsel B memiliki aperture f / 2.0, maka Dulers sebaiknya memilih aperture yang memiliki nilai f / 1.7.

 

KEMASAN Dan PAKET

Tips cerdas membeli handphone Android agar tak kecewa ke delapan (Bonus)

Sebagai point akhir dari itu semua maka Dulers tinggal memperhatikan kelengkapan isi dalam paket dus bawaan posnel tersebut, cocokkan isi dan ketersediaan barang harus sesuai dengan informasi dalam buku manualnya, jika ada yang kurang misalkan tidak tersedianya earphone atau kabel data misalnya, padahal di buku manual tercatat maka Dulers perlu tanyakan ke penjual, pengecekan fisik, pengecekkan fitur-fitur, kartu garansi wajib di cocokkan.

Jadi demikianlah Dulers tips cerdas membeli handphone Android agar tak kecewa, semoga membantu.