Salam hangat Dulers! Ketika sebuah ponsel menjadi begitu penting dan gak lepas dari kehidupan seseorang maka ponsel pintar atau smartphone menjadi media yang secara nggak langsung mencerminkan sang pemiliknya, bisa dilihat bagaimana seseorang memilih wallpapernya, profilenya, jenis-jenis yang diinstalnya dan lain sebagainya, dan terpenting juga adalah kita nggak tahu tiba-tiba settingan kesukaan kita diubah oleh orang lain tanpa izin.

Beberapa hal itulah yang akhirnya membuat sebuah ponsel tersebut menjadi hal yang privasi karena mungkin juga di memori internal maupun eksternal berisi data-data penting yang nggak semua orang boleh sesukanya membuka ini-itu tanpa izin sipemilik. Ketika semua hal tadi diluar kendali seperti ada perubahan setingan dan lain sebagainya tanpa sepengetahuan sang pemilik pasti akan membuatnya gusar. Belajar dari hal tersebut maka DUl akan share beberapa tips dan aplikasi apa yang berguna untuk menyelamatkan ‘keadaan’ supaya nggak terjadi hal-hal demikian. Untuk lebih tahu yuk deh kita lanjutkan membacanya dibawah ini.

 

Apps Backup

(Mencadangkan Settingan Aplikasi)

Tanpa kita sadari, selama kita memiliki ponsel pintar menginstal sebuah aplikasi, baik itu aplikasi perkantoran, game-game, dan program pihak ke tiga yang berurusan dengan settingan default membuat kita semakin repot dibuatnya kalau kejadian error atau kehilangan data. Untuk mencegah hal ini terjadi Dulers bisa memanfaatkan aplikasi ke tiga seperti App Backup Restore – Personal Contact Backup, sebuah aplikasi yang bisa menyimpan salinan yang ada di ponsel nyaris sempurna, apa aja yang tersimpan di ponsel akan dengan mudah di salin/ backup dalam hitungan detik ke ekstenal memori atau Google Drive! Mulai dari no contact, aplikasi yang sudah diinstal, sms, dan masih banyak lagi. Jadi sebelum semuanya jadi error lebih baik backup aja dari sekarang!

Download : App Backup Restore – Personal Contact Backup

 

Photo Backup

(Mencadangkan File Foto)

Setiap orang yang memiliki ponsel pastinya menyimpan foto sebagai kenang-kenangan ataupun sebagai dokumentasi bergambar yang perlu di ‘arsipkan’. Buat Dulers penggemar selfie atau hobi fotografi tanpa disadari koleksi semakin banyak dan manajemen file foto secara default akan disimpan di memori internal ponsel, akibatnya lambat laun kerja ponsel jadi lamban dan kurang responsif. Lalu bagaimana jika ternyata eksternal memori juga sudah penuh? Guna meghindari hal ini salah satu cara termudah adalah dengan menginstal aplikasi dari Google yang bernama Google Photos. File foto yang Dulers miliki nantinya akan disimpan secara cloud oleh Google Photos ini, nggak perlu kuatir soal kapasitas dan keamanannya, ruang penyimpanan Google Photos unlimited dan soal keamanan data Google telah menjaminnya. Google Photos juga menyediakan fasilitas edit dan share ke sosial media secara mudah dan gratis.

Download : Google Photos

 

Contacts, Call logs, and Text Messages

(Mencadangkan Kontak, Log panggilan, dan Pesan Teks)

Mungkin belum banyak yang tahu bagaimana mencadangkan/ membackup nomor contact, jejak panggilan dan pesan teks begitu mudah dan nggak pake ribet. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama App Backup Restore – Personal Contact Backup. Setelah proses instal selesai, Dulers tinggal masuk ke menu Personal maka aplikasi segera bekerja mengumpulkan semua data yang dimaksud, sangat simpel dan mudah pengoperasiannya. Setelah proses backup/ pencadangan selesai lalu Dulers wajib mengklik menu Archive lalu pilih Share maka semua data backup/ pencadangan tadi akan disimpan di akun Google Drive Dulers.

Download : App Backup Restore – Personal Contact Backup

 

Backup WhatsApp

(Mencadangkan Data WhatsApp)

Dulers pastinya tahu dong aplikasi chat yang saat ini banyak digunakan setelah BBM tumbang, yup, WhatsApp menjadi salah satu pilihan semua orang untuk saling berhubungan via teks, suara hingga video streaming. WhatsApp otomatis menjadi bagian komunikasi dan pastinya setiap orang memiliki hal yang dianggap penting disitu. Nah, guna memback up/ mencadangkan di WhatsApp sangatlah mudah, Dulers tinggal masuk ke menu Settings > Chats Settings > Chat Backup > dan pilih opsi Backup, seketika proses backup akan berjalan hingga proses 100%. Backup/ pencadangan bisa disesuaikan kebutuhan baik harian, mingguan, bulanan dan pilihan lainnya.

Download : WhatsApp Messenger

 

Home Screen Backup

(Mencadangkan Layar Home)

Ponsel smartphone kita tau mulai mendekati perangkat komputer, sistem Drag and Drop, Copy Paste kini dengan mudah dilakukan, begitu juga ketika Dulers ingin menampilkan beberapa icon aplikasi di halaman depan (Home) biasanya ada beberapa hingga lebih dari ‘beberapa’ itu, hehe. Tapi bagaimana caranya ketika Dulers mulai jenuh dan ingin kembali ke tampilan awal atau tampilan Defaultnya? Dulers bisa mencoba aplikasi yang bernama Nova, yang menyediakan dua opsi untuk cadangan di Google Drive atau penyimpanan ke memori eksternal. Kalau Dulers bertanya lebih baik menyimpan backup/ cadangan dimana maka Dul akan memilih keduanya, tapi sebagai prioritas Google Drive lah yang akan Dul pilih lebih dulu karena lebih aman dari kerusakan atau virus yang menginfeksi memori eksternal. Setelah Dulers menginstal aplikasi ini cobalah masuk ke menu Backup & import , pilih Backup dan pilih Share . Setelah selesai, ketuk Save to Drive dan selesai.

Download: Nova Launcher

 

Others

(Mencadangkan Lain-Lain)

Begitu ragam settingan yang ada disebuah smartphone ketika kita ingin membackup/ mencadangkan terkadang cukup memakan waktu dan kosentrasi. Misalkan, Dulers ingin membackup catatan di Kalender, Alarm, Playlist, berbagai notifikasi satu-persatu tentunya akan merepotkan. Nah, sekarang udah ada nih aplikasi yang secara praktis mampu bekerja sekaligus hanya dalam satu ketukan. Setelah mengistal aplikasi ini Dulers tinggal masuk ke menu: New Backup > Data > Local, lalu pilih opsi dan file cadangan yang diperlukan akan dibuat.

Download : My Backup