Siapa sih yang nggak mau dimanjakan oleh seseorang yang begitu pribadi dan menyenangkan? Seperti halnya ketika Dulers mendapatkan seorang asisten pribadi yang bisa dikatakan mengenal hampir semua bahasa, pastinya akan sangat membantu ketika misalnya Dulers sedang berlibur ke Italy dan sedang berada disebuah meja restoran, tentunya akan sangat terbantu dengan hadirnya Pixel Earbud ini.

Untuk menggunakan penerjemah keluaran Google Pixel bernama Pixel Earbud ini Dulers tinggal menekan dan sedikit menahan dengan perlahan Pixel Earbud sebelah kanan lalu mengatakan ‘Help me speak Italian’, Pixel Earbud otomatis akan mendengarkan Dulers, dan ketika Dulers berbicara dengan bahasa asli Dulers maka secara otomatis Pixel Earbud akan bekerja menerjemahkan secara realtime, apa saja yang Dulers katakan maka secara otomatis Pixel Earbud akan menerjemahkan ke bahasa Italy. Dan ketika sang pelayan restoran membalas dengan bahasa Italy maka Pixel Earbud secara otomatis pula menerjemahkan kebahasa asal/ asli Dulers, terlihat keren bukaan?

 

 

Pixel 2, Smartphone Pixel 2 XL, dan Google Pixelbook laptop merupakan beberapa produk yang dikeluarkan oleh Google bersamaan dengan hadirnya Pixel Earbud baru-baru ini dimana secara tidak langsung akan berhadapan dengan fitur yang hampir serupa dengan Apple’s AirPods keluaran Apple.¬† Pixel Earbud itu sendiri memiliki desain semi-occluded sehingga mereka tidak menutup saluran telinga Dulers sama sekali seperti headphone nirkabel pada umumnya, Pixel Buds dirancang untuk penggunaan sehari-hari dan berbagai aktifitas ringan, tidak untuk aktifitas fisik seperti berolah raga dan saat ini baru memiliki 40 bahasa yang bisa diterjemahkan secara realtime dan tentunya kedepan akan terus diupdate ke berbagai bahasa, kapan akan hadir versi Indonesianya semoga aja nggak akan lama lagi (ngarep, hehe).

 

Uji Coba

Uji coba dilakukan saat perhelatan di San Francisco, menurut Adam Champy, manajer produk untuk Pixel Buds cara kerja nya lebih baik dan lebih mudah digunakan daripada produk sejenisnya, terutama untuk melakukan proses terjemahan, lebih banyak percakapan tentunya menjadi lebih familiar digunakan, rasanya tidak seperti berbicara dengan sebuah robot.

 

 

Bagaimana jika kedua orang berbeda bahasa menggunakan Pixel Earbud ini bekerja, menurut Adam Champy aplikasi ini juga otomatis mendukungnya, pengguna tinggal berbicara dengan bahasa aslinya maka yang satu akan mendengar dan menerjemahkannya, begitu sebaliknya, begitu sederhana sehingga memudahkan kedua pihak untuk tetap fokus berkomunikasi.

 

 

Hadirnya Pixel Earbud yang mampu menerjemahkan berbagai bahasa ini sepertinya begitu menarik orang banyak untuk dimiliki dan ingin segera mencobanya karena kelebihan lain Pixel Earbud juga mampu memutarkan lagu sesuai perintah pengguna. Tapi menurut Adam Champy, Product Manager, Google Pixel Buds, Pixel Earbud merupakan produk ekslusif, bukan ekslusif secara fisik saja tapi sistem firmware dan chipset yang bekerja di Pixel Earbud berbeda pada umumnya. Sebenarnya Pixel Earbud bisa digunakan diperangkat smartphone lain tapi untuk fungsi terjemahannya tidak akan bekerja. Dan jika dipaksakan di versi update agar mendukung berbagai platform dikhawatirkan akan merusak fitur atau menghentikan beberapa fungsi perangkat asli pengguna. Pixel Earbud  mendukung codec audio AAC dan mampu digunakan aktif selama 5 jam untuk sekali pengisian daya baterai.

 

Berminat untuk memilikinya, maka Dulers wajib menebusnya dengan harga $ 159 dan baru akan tersedia di pasar Amerika Serikat mulai November 2017 mendatang, tersedia 3 varian warna htam, putih dan biru.