Ponsel, utamanya Smartphone yang berkembang dan beredar dipasaran semakin memanjakan penggunanya. Dulers pastinya tahu bagaimana mata retina atau sidik jari mampu menjadi password yang cukup aman dan kini masih menjadi fitur andalan beberapa smatphone kelas menengah atas.

Dari berbagai fitur yang kini beredar dan tersematkan di dalam ponsel smartphone ternyata nggak semua orang mengetahuinya, bahkan mungkin pengguna seperti Dulers disini sudah pernah gonta-ganti ponsel tapi belum juga menyadarinya. Pst, ternyata ketidak tahuan kita ternyata fitur-fitur yang tersembunyi itu cukup berguna dan menyenangkan. Seperti apa, nyuuk deh kita terlusuri dibawah ini.

 

Voice Search

 

 

Voice Search, fitur yang cukup keren ini mungkin belum banyak orang tahu. Degan menyebutkan kata “OK Google” layar smartphone Dulers akan mati. Untuk mengetahui apakah fungsi ini bekerja di smartphone Dulers coba deh cek di: Google Settings > Search and Google Now > Voice > OK Google detection > Always On, kalau menu-menu ini ada di smartphone Dulers maka selamat, fitur ini bsa Dulers gunakan.

 

Mematikan dan Me-Reset Ulang Ponsel

 

 

Siapa sih yang mau kehilangan ponselnya, Dulers pastinya selalu peduli dengan keberadaan smartphonenya. Nggak bisa dibayangkan deh, seumpama smartphone kita dikuasai oleh orang yang nggak bertanggung jawab, bisa-bisa atm kita dikuras atau data-data penting kita tersebar di internet. Untungnya Google sudah membuat salah stau fitur yang keren yang disebut dengan Android Device Manager, dimana dengan fungsi ini Dulers bisa mengenadalikan ponsel smartphone dari jauh. Dengan fitur ini Dulers mampu menghubungi, mematikan dari jauh, sampai mere-set ponsel ke setingan awal pabrikan. Dulers bisa cek statusnya melalui setingan: Settings > Security > Phone Management, aturlah agar status ponsel smartphone Dulers bisa aktif agar nantinya mudah dicari keberadaan dan statusnya bahkan hingga belahan dunia.

 

Mengaktifkan Mode Gelap

 

 

Di situasi tertentu mode gelap sangat membantu agar mata kita nggak cepat lelah, meski mode gelap atau dark theme sejak andorid versi Marshmallow ditinggalkan, ternyata masih ada cara untuk membuat mode gelap ini. Caranya gimana, caranya adalah Dulers tinggal masuk ke menu: Settings> Accessibility> Inverted Rendering, disini Dulers bisa mengatur seitingan gelap ini sesuai dengan keinginan Dulers, kelebihan lain adalah dengan mode seperti ini maka ponsel Dulers jadi lebih hemat daya baterai juga.

 

Catatan Pada Layar

 

 

Lagi, setiap orang pastinya nggak mau kehilangan ponsel, dengan fitur yang cukup membantu, yakni catatan yang bisa menampilkan pesan di halaman depan smartphone. Catatan bisa berupa pesan atau profil Dulers, seperti mencantumkan nama dan alamat agar mudah dikembalikan jika ponsel ditemukan orang lain. Untuk mengaktifkan fitur ini Dulers bisa mencoba masuk ke menu: Settings > Security > Lock screen message.

 

Menjadi Scanner

 

 

Keberadaan fitur ini sepertinya cukup keren juga. Untuk menjadikan ponsel smartphone Dulers sebuah mesin scanner, Dulers hanya tinggal menginstal aplikasi scanner yang banyak tersebar di GooglePlay, seperti CamScanner atau Evernote bisa Dulers bisa di coba.

 

Menjadi Lup atau Kaca Pembesar

 

 

Dul, yakin para Dulers disini belum banyak tahu fitur yang satu ini. Yup, sesuai judulnya ternyata ponsel smartphone Dulers bisa menjadi sebuah kaca pembesar. Caranya bagaimana sih, pertama adalah Dulers harus masuk ke menu: Settings> Accessibility> Vision> Touch Zoom (atau Settings> Accessibility> Magnification Gestures ). Setelah setingan ini aktif maka untuk mencobanya Dulers tinggal mengetuk layar ponsel smartphone sebanyak 3 kali dan tahan untuk memperbesar tampilan, dan ketuk 3 kali lagi untuk kembali ke model normal. Untuk melihat tampilan atau sudut pandang yang berbeda caranya seret dua jari di atas layar dan seret menjadi navigasi tampilan layar.

 

Menjadi Asisten Pribadi

 

 

Asisten pribadi disini adalah dalam hal kemudahan ketika kita malas untuk membaca atau disituasi yang sulit untuk membaca disituasi tertentu, maka ponsel smartphone Dulers dengan setia akan membacakan teks atas perintah Dulers layaknya sedang membacakan dongeng cerita. Bagaimana cara mengatifkannya, caranya adalah dengan masuk ke menu: Settings > Accessibility > Text to speech. Yup, fitur ini disebut dengan nama Text to speech (TTS), tersedia juga fitur bahasa, jenis suara dan kecepatan membaca yang bisa Dulers pilih, setelah aktif cobalah untuk membuka sebuah halaman E-Book, pada pojok kanan atas klik 3 titik vertikal, pilih menu Read Aloud, lalu mulailah mendengarkan asisten pribadi baru Dulers. Jenis keras suarapun bisa Dulers atur dimenu setingannya.