Teman-teman semua pastinya udah tahu dong kalau handphone sekarang ini udah seperti kacang goreng, bertebaran dan dimiliki oleh hampir segala usia. Nah, saking banyaknya pemakai dan kebutuhan akan perangkat telepon ini menjadi peluang bisnis besar dan juga ada orang jadi berniat berbuat jahat demi mendapat keuntungan lebih besar dengan membuat versi aspal atau asli tapi palsu!

Nah, supaya teman-teman disini nggak salah beli dan tertipu sebaiknya cermati tips berikut ini. Tips Mudah Membedakan Handphone mana Asli dan mana yang Palsu.

Tips 1

Cek IME.

Pembelian handphone apapun jenisnya jika baru biasanya disertai oleh dus yang biasanya berisi kabel charger, manual book dan lain sebagainya. Tapi jangan lupa juga untuk melihat dan mengecek IME atau nomor seri handphonemu dengan yang tertera dikardus bawaannya. Coba ketikkan *#06# lalu tekan Call maka akan muncul dilayar berupa angka yang disebt dengan nomor IME, lalu cocokanlah angka-angka ini dengan yang tertera di kemasan kardusnya tadi, simple saja, jika beda nomor kemungkinan palsu dan jika sama sudah pasti produk asli.

Tips 2

Cek Material Tersebut.

Saat membeli tentunya kita memegang dan menyetuh handphone nya dong. Nah coba deh ente perhatikan dan teliti kualitas bahannya, jika asli biasanya tombol-tombol yang ada terasa empuk dan nyaman ditekan. Perhatikan detil setiap sisi casing-nya, detil tulisan merek, peletakkan logo, lubang chrager atau jack yang tidak kasar. Intinya secara kasat mata dan dirasakan menunjukkan produknya berkualitas, lalu coba bandingkan dengan produk sejenis lihat dan teliti persamaan dan perbedaannya.

Tips 3

Tes Screenshot.

Ini sebetulnya cara mudah juga, dengan mengetes pengambilan gambar dengan cara menekan tombol Power dan Home secara berbarengan, jika berhasil dan smooth berarti hanphone yang kamu pilih itu asli, jika ada kesulitan bahkan tidak berhasil kemungkinan besar adalah handphone palsu.

Tips 4

Kualitas Kamera.

Langkah selanjutnya adalah dengan mencoba test kamera. Perhatikan resolusi handphone yang tertera, misal tertulis 10MP bahkan lebih, lalu lakukan pengecekkan dengan mencoba melihat hasil pemotretan, jika hasilnya tidak sesuai bahkan lebih buruk dari yang dikira biasanya palsu. Perlu teman ingat dengan iklan handphone yang teman beli biasanya mengunggulkan sisi tertentu, misalkan hasil foto akan tetap terang dalam gelap. Hasil pemotretan di handphone asli biasanya selalu diatas rata-rata kamera palsu mengingat mesin dan perangkat yang digunakan tidaklah asal jadi, urusan tes kamera buatlah perbandingan kualitasnya.

Tips 5

Mengecek Sofware Bawaan.

Sebagai langkah terakhir Dul saranin untuk memeriksa  software bawaan yang tertanam di handphone tersebut. Caranya adalah menekan tombol *#0*# di menu panggilan, jika asli akan muncul dilayar keterangan tentang warna, speaker, kamera, sensor dan lain-lain dalam bentuk blok kotak-kotak berati handphone pilihan ente asli.

 

Tapi dari beberapa tips diatasperlu ente sadari juga bahwa para penipu kini semakin pintar mengelabui calon korbannya, maka dari itu belilah selalu handphone ditempat resmi dengan garansi terjamin dan memiliki perpanjangan masa garansi. Semoga membantu yah Gan, salam dari Dul disini….